Review :
Perekonomian dunia saat ini sangatlah berbeda
dengan perekonomian dua dasawarsa yang
lalu. Penyebaran informasi yang cepat merupakan suatu penyebab ketatnya
persaingan antara perusahaan perusahaan dalam bisnisnya. Para pelanggan dapat
dengan mudah mengetahui informasi informasi yang mereka butuhkan tentang suatu
produk tertentu. Selain itu banyaknya segmen pasar menyebabkan perusahaan
haruslah mampu menetapkan segmentasi dan targeting yang benar sehingga lebih
memiliki fokus usaha yang jelas.
Ketatnya persaingan membuat perusahaan untuk lebih
berfokus kepada apa yang diinginkan oleh konsumen. Faktor utama yang perlu
dipahami oleh perusahaan adalah apakah produk yang dibuat telah memenuhi
standar keinginan konsumen. Untuk memenuhi hal ini maka perusahaan harus mampu
menyediakan produk dengan mutu yang baik, harga yang lebih murah, informasi
produk yang lebih cepat, dan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan para
pesaingnya. Dengan berkembangnya e-bussiness maka perusahaan harus mampu menetapkan solusi aplikasi
sistem yang tepat. Perusahaan mulai mengubah pola pikir dari orientasi
keuntungan (profit oriented) kearah faktor faktor potensial lainnya yang belum
diidentifikasi sebelumnya. Kepentingan pelanggan dan tingkat kepuasan pelanggan
menjadi faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan.
Unilever Indonesia merupakan perusahaan yang
bergerak dalam bidang makanan, minuman dan perlengkapan kesehatan. Unilever
Indonesia telah dikenal dengan kualitas produknya yang tinggi. Dengan adanya
persaingan saat ini, maka muncul para pesaing yang membuat produk yang serupa
dengan harga yang bersaing. Untuk menciptakan keunggulan dibandingkan dengan
para pesaingnya maka Unilever Indonesia mengaplikasikan program Customer Relationship
Management (CRM) untuk memenangi persaingan yang ada. Tujuan CRM secara umum
adalah menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik dengan pelanggan
dan mengurangi kemungkinan pelanggan berpindah ke produk pesaing. Dengan
pemahaman CRM yang baik maka akan membawa perusahaan untuk mempertahankan
loyalitas pelanggan terutama para pelanggan yang pada umumnya mengambil produk
dalam kuantitas yang besar.
Sumber : Analisis CRM pada Unilever Indonesia
Like the Post? Share with your Friends:-
0 comments:
POST A COMMENT